Mengenai Saya

Foto Saya
Pesimis Bukan berarti tidak ada Usaha ,,,,,,,

Selasa, 15 Januari 2013

Buku Ajar pkn kelas IX Semester 2


KATA PENGANTARDescription: D:\Is_BeLLo File\contoh_kata_pengantar_skripsi_.jpg

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karna berkat anugrah kesehatan, kelonggaran, dan kemampuan yang di berikan Nya, kami dapat menyelesaikan Buku Ajar ini dengan baik.
Terima kasih juga kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaikan Buku Ajar kelas IX SMP/MTS semester 2 ini, kepada Drs.H.Mumbrita.MPd selaku dosen pembimbing kami dalam mata kuliah Pengembangan Buku Ajar, dan kepada taman-teman mahasiswa PKn angkatan 2010 yang telah banyak membantu kami dalam memberikan arahan dan motivasi dalam mengerjakan LKS ini, dan semua pihak yang terlibat dalam penyusunan Buku Ajar ini.
Kritik dan saran sangat kami harapkan, karna kami sadar banyak kekurangan dan kelemahan pada Buku Ajar ini, oleh sebab itu partisipasi dari para pembaca Buku Ajar ini sangat kami harapkan supaya bisa menjadi acuan untuk kami bisa melakukan perbaikan kedepannya. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, kami ucapkan terima kasih.
                                                   Mataram,  12 Januari 2013

                                                                                       Penyusun



Rounded Rectangle:
 



Kata Pengantar............................................................................................... i
Daftar Isi........................................................................................................ ii
Identitas Buku Ajar.......................................................................................... iii
Petunjuk Penggunaan Buku Ajar...................................................................... iv
Tinjauan Mata Pelajaran.................................................................................. v
Identitas Mata Pelajaran.................................................................................. v
Kegunaan....................................................................................................... vi
Tujuan............................................................................................................ vi
Standar Kompetensi........................................................................................ vii
Kompetensi Dasar.......................................................................................... vii
Bagan Hubungan Antar KD Dengan SK............................................................ viii
BAB I  : PRESTASI DIRI................................................................................ 1
Kompetensi Dasar............................................................................... 1
Indikator............................................................................................. 1
Bagan Hubungan antar Indikator dengan Kompetensi Dasar................... 2
Uraian Materi...................................................................................... 3
Pengertian Prestasi Diri....................................................................... 3
Macam-macam Prestasi Diri................................................................ 6
Arti Penting Prestasi............................................................................ 7
Rangkuman.................................................................................................... 10
Glosarium....................................................................................................... 12
Uji Kompetensi............................................................................................... 14
Latihan........................................................................................................... 14
Tugas Individu................................................................................................ 16
Tugas Kelompok............................................................................................. 17
Daftar Pustaka............................................................................................... 18
Lampiran........................................................................................................ 19
Description: D:\Is_BeLLo File\identity.jpg
 
              IDETITAS BUKU AJAR
Buku ajar ini membahas tentang pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa yang merupakan KD dari SK yaitu menampilkan  prestasi diri sesuai dengan kemampuan demi keunggulan bangsa   indonesia, buku ajar ini secara detail menjelaskan mengenai pengertian prestasi diri, macam-macam prestasi diri, dan arti pentingnya restasi, sehingga akan mempermudah peserta didik untuk memahami isi dari buku ajar ini.
Buku ajar ini juga dilengkapi dengan struktur yang jelas seperti  petunjuk pengunaan buku,identitas buku dan tinjauan mata pelajaran, yang akan mempermudah peserta didik untuk memahami buku ini. Buku ajar ini di peruntukkan untuk siswa SMP/MTS kelas IX semester 2.
Semoga buku ajar ini dapat membantu siswa SMP/MTS kelas IX semester 2 untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran yang di harapkan.





 



1.      Buku Ajar Pkn ini terdiri dari satu pokok bahasan materi pelajaran , yaitu prestasi diri.
2.      Di dalam materi pembahasan ini terdiri dari:
a.  Kompetensi Dasar dan Indikator
b.  Bagan antar indikator dan KD
c. Uraian materi
d. Rangkuman
e. Senarai
f.   Uji kompetensi
g. Daftar pustaka
3.      Supaya lebih mudah mempelajari buku ajar ini, maka perlu memperhatikan beberapa petunjuk berikut ini :
a.    Bacalah setiap materi pembelajaran secara utuh atau menyeluruh di dalam pokok bahasan ini mulai dari kopetesi dasar dan indikator hasil belajar,hingga soal – soal uji kopetensi secara seksama
b.    Jika mengalami kesulitan dalam memahaminya ataupun kurang dimengerti, tanyakan kepada guru mata pelajaran yang bersangkutan.
c.    Didalam mengerjakan tugas, kerjakanlah tugas yang menurut anda mudah terlebih dahulu, dan melanjutkan ke tingkat tugas yang lebih sulit
4.      Selamat balajar semoga sukses.


 


Mata pelajaran Pendidikan KewargaNegaraan ini merupakan mata pelajaran yang wajib dipelajari oleh siswa. Melalui mata pelajaran pendidikan kewargaNegaraan ini siswa diharapkan dapat berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan; berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi; berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya; berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Text Box:   

IDETITAS MATA PELAJARAN
Nama Mata Pelajaran  : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                                       : IX (Sembilan)
Semester                                 : II (Dua)
Satuan Pendidikan                  : SMP/MTS
Alokasi Waktu                          : 4 x 40 Menit (dua kali pertemuan)

Rounded Rectangle: KEGUNAANDescription: D:\Is_BeLLo File\online-collaboration_id21886701_size430.jpg
Kegunaan materi dalam bab ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pengertian prestasi diri, macam-macam prestasi diri, dan arti pentingnya prestasi bagi keunggulan bangsa indonesia.
Description: D:\Is_BeLLo File\perubahan.jpgTUJUAN
                  Tujuan dari bab IV Mengenai prestasi diri adalah siswa diharapkan mampu menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa.









Text Box:
 




Rounded Rectangle: 4.1 Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsaFolded Corner: SK.4
Menampilkan  Prestasi Diri Sesuai Dengan Kemampuan Demi Keunggulan Bangsa   Indonesia
                             






Rounded Rectangle: 4.2 Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai kemampuan



Rounded Rectangle: 4.3 Menampilkan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi ke unggulan bangsa
 







Description: D:\Is_BeLLo File\logo_1345737900.jpgHubungan Antar KD dan SK

Flowchart: Alternate Process:  BAB I
PRESTASI DIRI


Rounded Rectangle: KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
 




NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1.
4.1 Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa

4.1.1 Menjelaskan pengertian prestasi diri bagi keunggulan bangsa
4.1.2 Menjelaskan macam – macam prestasi diri bagi bangsa
4.1.3 Menjelaskan arti penting prestasi diri bagi keunggulan bangsa






Flowchart: Preparation: BAGAN ANTAR INDIKATOR DAN KD
 




Oval:  ,Plaque: URAIAN MATERI 








A.       Pengertian Prestasi Diri
Keberhasilan adalah dambaan dan impian setiap orang, baik anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Kata keberhasilan identik dengan kata prestasi. Keberhasilan ini tentunya tidak pada ruang lingkup yang sempit, tidak selalu posisi teratas atau number one, melainkan melalui proses pengenalan diri sehingga mengetahui serta menyadari kelebihan dan kelemahan. Setelah itu memanfaatkan kelebihan yang masih terpendam yang berupa potensi menjadi perilaku yang aktual. Hal ini merupakan pekerjaan besar yang membutuhkan kekuatan internal yang luar biasa dan tidak semua orang bisa melakukannya. Orang-orang terkenal, yang berprestasi pada bidangnya ternyata tidak semuanya berpendidikan tinggi. Melainkan melalui proses pengenalan diri yang baik dan mengoptimalkan seluruh potensi yang dimiliki. Albert Einstein, ternyata tidak mengenyam pendidikan. Namun berhasil menemukan apa itu quantum.
Setiap manusia apapun profesinya tentu akan mempunyai keinginan untuk berprestasi. Oleh karena dengan berprestasi seseorang akan dapat menilai apakah dirinya sudah berhasil mencapai tujuan hidupnya atau tidak, juga untuk membawa nama baik bangsa dan negara jika memang bisa. Pengertian prestasi yaitu hasil yang telah dicapai, dilakukan, diperoleh atau dikerjakan. Prestasi tiap orang tidak akan sama, ada yang berprestasi dalam hal melukis, berolahraga, irama musik, cepat menghitung, puisi, pemimpin, menyesuaikan diri, tampil menawan. Manakah yang paling bagus prestasinya? Tidak mungkin terjawab, karena masing-masing peristiwa menampilkan “tokoh” yang memiliki kecerdasan dalam bentuk yang berbeda-beda. Prestasi antara orang satu dengan lainnya tentu tidak akan sama, dan seseorang tidak akan mungkin menjadi orang yang sama persis dengan orang yang dikagumi prestasinya. Mengapa demikian ?
Pada hakikatnya manusia adalah individu ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang memiliki potensi diri yang berbeda satu dengan yang lainnya, sehingga prestasi diri setiap orang tentu tidak akan sama. Itu sebabnya para ahli berpendapat bahwa setiap siswa adalah individu yang unik (berbeda satu dengan lainnya)
Sebagai Warga Negara Indonesia yang baik maka setiap orang berusaha berprestasi demi keunggulan bangsa Indonesia tercinta. Tentu sangat membanggakan jika kita dapat berprestasi seperti orang-orang berprestasi yang telah melakukannya, antara lain Taufik Hidayat, Susi Susanti, Ikhsan Juara Indonesia Idol 2006, Usman Hasan Saputra, Hermawan Kertajaya, atau Ir Ciputra, serta masih banyak lagi yang dapat dilihat dan disaksikan sendiri. Semuanya berprestasi sesuai bidangnya masing-masing. Ada yang olahraga, seni, budaya, maupun ilmu pengetahuan serta enterpreneur (wiraswasta). Mengapa mereka dapat berprestasi di bidangnya, dan mengapa kita tidak atau belum mampu berprestasi seperti mereka ?
Coba kamu perhatikan beberapa pengertian prestasi berikut :
1.         Prestasi adalah perolehan atau hasil yang telah dicapai dari suatu usaha, yang didasarkan pada nilai atau ukuran tertentu.
2.         Prestasi adalah hasil yang dicapai oleh seseorang setelah melakukan usaha dan/ atau pekerjaan.
3.         Prestasi adalah hasil yang diperoleh seseorang dari satu periode ke periode lainnya yang menunjukkan adanya perubahan ke arah kemajuan.
4.         Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, prestasi berarti hasil yang telah dicapai dari apa yang telah dilakukan, dikerjakan dan sebagainya.

Berdasarkan berbagai pengertian tersebut di atas, prestasi dapat dipahami sebagai hasil dari suatu kegiatan atau aktivitas yang dilakukan. Oleh karena itu Prestasi Diri berarti hasil usaha atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau pribadi. Seseorang yang melakukan kegiatan dan menghasilkan sesuatu dikatakan berprestasi. Jika hasil itu didapat dari usaha bersama maka dinamakan prestasi kelompok atau prestasi bersama. Dapat pula dikatakan bahwa seseorang dianggap berprestasi, jika dia telah meraih sesuatu dari apa yang telah diusahakannya, baik melalui belajar, bekerja, berolahraga dan sebagainya. Prestasi tersebut merupakan wujud optimalisasi pengembangan potensi diri. Sudah tentu prestasi dapat diraih setelah seseorang mengerahkan daya dan upaya, baik mencakup kemampuan intelektual, emosional, spiritual dan ketahanan diri dalam berbagai bidang kehidupan.

B.       Macam – Macam Prestasi Diri
Prestasi merupakan hasil sebuah usaha yang tidak selamanya identik dengan hasil baik. Misalnya seorang siswa yang mengikuti ujian dan mendapatkan nilai lima, bisa dikatakan memperoleh prestasi buruk atau rendah. Sebuah tim sepakbola yang lebih sering kalah ketimbang menang adalah tim sepak bola yang berprestasi buruk, dan lain-lain. Jadi prestasi dapat berupa hasil yang baik maupun buruk.
Namun pada umumnya kita mengasosiasikan prestasi sebagai hasil baik. Ketika kita mengatakan seseorang berprestasi maka yang kita maksudkan adalah orang tersebut memperoleh hasil atau prestasi yang baik.
Dari penjelasan tersebut, prestasi baiklah yang kita bahas selanjutnya. Sehingga prestasi meliputi berbagai macam bidang antara lain :
1.         Prestasi belajar, yaitu hasil yang didapat dari usaha belajar,
2.         Prestasi kerja, yaitu hasil yang didapat dari bekerja
3.         Prestasi di bidang seni
4.         Prestasi di bidang olah raga
5.         Prestasi di bidang lingkungan hidup
6.         Prestasi di bidang Iptek, dan lain-lain.
Pada dasarnya setiap orang memiliki keinginan untuk berprestasi atau memperoleh prestasi. Keinginan mendapatkan prestasi merupakan kebutuhan semua orang. Ciri-ciri orang yang memiliki motivasi atau keinginan berprestasi antara lain :
1.     Berorientasi pada masa depan atau cita-citanya
2.     Berorientasi pada keberhasilan
3.     Berani mengambil resiko
4.     Memiliki rasa tanggung jawab
5.     Menerima dan menggunakan kritik sebagai umpan balik
6.     Kreatif serta mampu mengelola waktu dengan baik

Prestasi seseorang sangat dipengaruhi oleh dua macam faktor yaitu faktor yang berasal dari dalam diri orang itu sendiri dan faktor yang berasal dari luar dirinya.
1.         Faktor dari dalam diri, diantaranya bakat atau potensi, kepandaian atau intelektualitas, minat, kebiasaan, motivasi, pengalaman, kesehatan danemosi.
2.         Faktor dari luar, misalnya keluarga, sekolah, masyarakat, sarana prasarana, fasilitas, gizi dan tempat tinggal.
Kedua jenis faktor tersebut mendukung satu sama lain. Prestasi biasanya akan muncul jika kedua macam faktor di atas terpenuhi secara baik.
Orang yang berprestasi adalah orang yang dianggap sukses dalam bidang tertentu, karena pada kenyataannya ia memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Konsep diri yang melekat pada orang yang berprestasi adalah konsep diri positif yang mampu menangkap, mengolah dan memberdayakan diri secara rasional dan proporsional serta efektif dan efisien.
C.   Arti Pentingnya Prestasi

Orang yang berprestasi adalah orang yang mendapatkan keberhasilan atas usahanya. Prestasi bukanlah sesuatu yang datang tanpa usaha keras. Jika kita menyimak kisah-kisah perjalanan hidup orang-orang yang berprestasi, kita akan mendapati bahwa mereka bekerja keras untuk mencapai prestasi tersebut. Prestasi seorang siswa diwujudkan dalam perolehan nilai hasil belajar yang baik atau kelulusan dengan nilai yang baik. Para atlet dunia telah mulai mengenal olah ragadan berlatih sejak usia belasan atau bahkan sejak masuk sekolah dasar. Demikian juga ilmuwan-ilmuwan besar merupakan orang-orang yang tekun belajar dan bereksperimen. Diantara ribuan kali eksperimen mungkin ada berkali-kali kegagalan yang tidak membuat mereka putus asa. Kerja keras dan jiwa besar semacam itulah yang akhirnya berbuah prestasi di masa datang.
Orang yang berprestasi meyakini bahwa hasil yang diperoleh sesuai harapan dan keinginannya. Orang yang mendapatkan hasil sesuai harapan berarti memperoleh keberhasilan atau kesuksesan. Semua orang pasti menginginkan harapan, cita-cita dan keinginannya tercapai. Sehingga memperoleh prestasi sesungguhnya merupakan dambaan setiap siswa. Berprestasi tidak hanya akan mengharumkan nama kita tapi juga nama keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Oleh karena itu prestasi mempunyai arti yang sangat penting, antara lain :
1.        Prestasi dapat menjadi indikator ( penanda ) kuantitas dan kualitas yang dicapai dari suatu kegiatan.
2.        Prestasi dapat menjadi pengalaman berharga dan bahan informasi untuk masa depan,
3.        Prestasi dapat menjadi kebanggaan bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat.
4.        Prestasi dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kepandaian dan kemampuan seseorang atau sebuah kelompok.

Banyak orang yang menghubungkan prestasi dengan berbagai penghargaan. Namun sesungguhnya penghargaan hanya merupakan simbol pengakuan masyarakat terhadap suatu prestasi. Penghargaan semacam ini bentuknya bermacam-macam, seperti piagam, piala, medali, uang dan lain-lain. Yang paling bermakna bagi seseorang yang berprestasi sebenarnya adalah pengakuan itu sendiri. Yaitu bahwa kerja keras yang dilakukannya selama ini dan hasil yang telah dicapai melalui upaya tersebut ternyata memperoleh pengakuan dari masyarakat.











Description: D:\Is_BeLLo File\Winrar_fs.jpg
RANGKUMAN


Setiap bangsa di dunia ini tentu memiliki kekhasan yang berbeda satu dengan yang lain. Tidak terkecuali dengan bangsa dan negara Indonesia. Sejak berdirinya pada tanggal 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia telah memiliki prestasi diri yang tidak sedikit. Prestasi diri adalah suatu kebanggaan yang telah dimiliki/diraih oleh suatu bangsa. Prestasi diri dapat dimiliki oleh individu maupun kelompok bahkan bangsa. Seperti baru-baru ini Human Development Index Indonesia tahun 2007 menduduki peringkat 107 dunia, atau mengalami peningkatan prestasi dalam menangani korupsi dan tidak lagi menjadi negara terkorup seperti sebelumnya.
Setiap manusia apapun profesinya tentu akan mempunyai keinginan untuk berprestasi. Oleh karena dengan berprestasi seseorang akan dapat menilai apakah Bagaimana pendapatmu tentang dirinya sudah berhasil mencapai tujuan hidupnya atau prestasi Bangsa tidak, juga untuk membawa nama baik bangsa dan negara Indonesia di dunia jika memang bisa. Pengertian prestasi yaitu hasil yang telah dicapai, dilakukan, diperoleh atau dikerjakan. Prestasi tiap orang tidak akan sama, ada yang berprestasi dalam hal melukis, berolahraga, irama music, cepat menghitung, puisi, pemimpin, menyesuaikan diri, tampil menawan, dan lain-lain. Manakah yang paling bagus prestasinya? Tidak mungkin terjawab dengan tepat, karena masing-masing peristiwa menampilkan “tokoh” yang memiliki kecerdasan dalam bentuk yang berbeda-beda. Prestasi antara orang satu dengan lainnya tentu tidak akan sama, dan seseorang tidak akan mungkin menjadi orang yang sama persis dengan orang yang dikagumi prestasinya. Mengapa demikian? Pada hakikatnya manusia adalah individu ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang memiliki potensi diri yang berbeda satu dengan yang lainnya, sehingga prestasi diri setiap orang tentu tidak akan sama. Itu sebabnya para ahli berpendapat bahwa setiap siswa adalah individu yang unik (berbeda satu dengan lainnya).
Sebagai Warga Negara Indonesia yang baik maka setiap orang berusaha berprestasi demi keunggulan bangsa Indonesia tercinta. Tentu sangat membanggakan jika kita dapat berprestasi seperti Taufik Hidayat, Susi Susanti, Gita Gutawa Juara menyanyi di Mesir tahun 2007, Usman Hasan Saputra, Hermawan Kertajaya, Prof Dr Ir BJ Habibie, Dahlan Iskan atau Ir Ciputra, serta masih banyak lagi yang dapat dilihat dan disaksikan sendiri. Semua berprestasi sesuai bidangnya masing-masing. Ada yang di bidang olah raga, seni, budaya, maupun ilmu pengetahuan serta enterpreneur (wiraswasta). Mengapa mereka dapat berprestasi di bidangnya, dan mengapa kita tidak atau belum mampu berprestasi seperti mereka ?





GLOSARIUM


v Prestasi             : Hasil yang dicapai dari apa yang dikerjakan atau apa yang sudah diusahakan.
v Potensi              : Kemampuan yg mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan.
v Aktual                : Betul-betul ada (terjadi)
v Internal              : Menyangkut bagian dalam (tubuh, diri, mobil, dsb)
v Profesi               : Bidang pekerjaan yg dilandasi pendidikan keahlian (keterampilan, kejuruan, dsb) tertentu
v Optimal              : Paling menguntungkan
v Hakikat              : Kenyataan yg sebenarnya (sesungguhnya)
v Individu              : Orang seorang; pribadi orang (terpisah dr yg lain)
v Unik                   : Lain daripada yang lain
v Periode              : Kurun waktu
v Identik                : Tidak berbeda sedikit pun
v Asosiasi             : Perkumpulan orang yg mempunyai kepentingan bersama
v Orientasi            : Peninjauan untuk menentukan sikap (arah, tempat, dsb) yg tepat dan benar
v Konsep              : Ide atau pengertian yg diabstrakkan dr peristiwa konkret
v Rasional            : Menurut pikiran dan pertimbangan yg logis
v Proporsional      : Sebanding (seimbang)
v Efisien                : Mampu menjalankan tugas dng tepat dan cermat
v Atlet                   ; Olahragawan
v Eksperimen       : Percobaan yg bersistem dan berencana (untuk membuktikan kebenaran suatu teori dsb)
v Piagam              : Surat (tulisan pd batu, tembaga, dsb) resmi yg berisi pernyataan pemberian hak, tanah, dsb atau berisi pernyataan dan peneguhan mengenai suatu hal (tt ikrar dsb)
v Medali                : Tanda jasa (tanda penghargaan, tanda peringatan) dibuat dr logam (emas, perak, perunggu), berbentuk bundar, lonjong, dsb, kadang-kadang diberi tali, spt kalung:












UJI KOMPETENSI
LATIHAN

A. Pilihlah jawaban yang benar dengan dengan cara memberi tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d !

1.    Memperkenalkan sesuatu yang baru bersifat pembaruan disebut...
a.    Kreatif
b.    Inovatif
c.    Jeli
d.    Mawas diri
2.    Hasil yang diperoleh seseorang yang menunjukkan adanya perubahan kearah kemajuan disebut...
a.    Potensi.                    c. Motivasi.
b.    Prestasi.                   d. Kreativitas.
3.    Didalam pembinaan pribadi siswa tidak hanya mengarah pada pembentukan aspek berpikir tetapi perlu juga...
a.    Pengarahan daya potensi siswa.
b.    Kerja sama siswa dan guru
c.    Pengarahan pentingnya jiwa siswa
d.    Pembinaan fisik,mental, dan sosial.
4.    Cara berprestasi di bidang kesenian dapat dilakukan dengan cara ….
a.    ikut serta pentas drama
b.    memberikan suara dalam pemilu
c.    kerja bakti desa
d.    aktif di karang taruna
5.    Bagi para pelajar, untuk meraih kesuksesan harus berrjuang dan bekerja keras dengan...
a.    Belajar lebih giat dan tekun
b.    Mencontek pekerjaan teman
c.    Meminta imbalan kepada orang tua
d.    Mencari pekerjaan sambilan
6.    Sikap jika kita mengalami kegagalan adalah ....
a.    Putus asa
b.    Menyalahkan orang lain yang tidak mendukung kita
c.    Tidak mau melanjutkan usaha
d.    Menjadikan kegagalan sebagai jalan menuju sukses
7.    Berikan contoh prestsi di lingkungan sekolah kecuali...
a.    mengikuti kegiatan jambore nasional
b.    menjadi tim pengibar bendera
c.    mengikuti tawuran antar pelajar
d.    menjadi juara kelas
8.    kemampuan yang dimiliki manusia yang dapat di asahdan di kembangkan disebut...
a.    potensi
b.    posisi
c.    moral
d.    jasmani

9.    Peluang dapat di wujudkan dalam prestasi jika....
a.    menciptakan produk baru dan berbeda
b.    perlu mengamati potensi yang dimiliki pesaing
c.    perlu analisis produk dan proses produksisecara mendalam
d.    memperhitungkan resiko yang mungkin terjadi
10.  prestasi belajar siswa dapat di pacu dalm kehidupan keluarga melalui...
a.    berdiskusi
b.    berceramah
c.    berdialog
d.    belajar dengan tekun

Rounded Rectangle: TUGAS INDIVIDUDescription: D:\Is_BeLLo File\tugas1.JPG
B. Jawablah pertanyaaan berikut dengan tepat dan jelas !
1.        Jelaskan dengan bahasa sendiri pengertian prestasi  diri?
2.        Mengapa setiap orang dapat memiliki prestasi diri yang berbeda ?
3.        Jelaskan apa dan siapa saja yang dapat membantu siswa untuk berprestasi ?
4.        Jelaskan pentingnya prestasi diri bagi diri sendiri, bagi orang lain serta bagi masyarakat, bangsa dan Negara !
5.        Mengapa setiap orang harus berprestasi, dan apa makna prestasi menurut kalian?




Description: D:\Is_BeLLo File\TugasKelompok.jpg
 
 
TUGAS KELOMPOK


1.      Buatlah kelompok dengan jumlah anggota 3 – 4 orang
2.      Buatlah kliping mengenai orang-orang yang berhasil meraih prestasi di tingkat provinsi, nasional, ataupun internasional. Sumber kliping bisa dari Koran, tabloid, majalah, dan buku.
3.      Cantumkan sumber klipingnya!
4.      Berilah tanggapan menurut pendapatmu !







DAFTAR PUSTAKA
.

ü  Kastanto, Sri, dkk.2007. Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas IX. Solo: CV. Teguh Karya.
ü  Isworo dan Hadi Wiyono. 2007. Kewarganegaraan utuk SMP. Jakarta : ganeca Exacta.
ü  Tim Abdi Guru. 2006. Pendidikan kewarganegaraan untuk kelas IX. Jakarta: Erlangga
Sumber :
2.      http://www.artikata.com
3.      Kubacakutulislagi.wordpress.com/ 2008/08/.
4.      Sukolaras.wordpress.com.







LAMPIRAN

A.   Instrumen Penilaian Pilihan Ganda
Bentuk Soal
Jumlah Soal
Skor Maks
Bobot
Hasil Akhir
Pilihan Ganda
10
10
10




x 100


B.   Instrumen Penilaian Tugas Individu
Bentuk Soal
No Soal
Skor Maks
Bobot
Hasil Akhir
Uraian
1
2
3
4
5
1
1
2
3
3
10
15
20
25
30

x bobot


C.   Instrumen Penilaian Tugas Kelompok
No
Item Pernyataan
Hasil
   Iya
Tidak
1
  
2

3

4

5
Setiap kelompok terdiri dari 3 - 4 orang siswa
Kliping dibuat dengan menggunakan kertas karton
Setiap gambar dalam kliping harus disertai penjelasan atas gambar tersebut.
Isi sesuai dengan tema yang sudah di tetapkan
Tugas dikumpulkan 1 minggu setelah tugas diberikan










Skor yang dicapai


Skor Maksimal
10

Bobot
50








BIOGRAFI  PENULIS

Nama               : Lalu Dian Iswahyudi
TTL                  : Sakra/31/Desember/1990
Alamat             : Sakra, Lombok Timur, NTB
Riwayat Pendidikan :
             SD      : SDN 3 Gn. Rajak
            SMP     : SMPN 1 Sakra Barat
            SMA     : SMAN 1 Sakra
Contacts          : +6281 918 193 229
Email               : dianiswayudilalu@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar